Keyword Research – Strategy Yang Gampang Di Ikuti Untuk Meresearch Kata Kunci

Pernahkah Anda mendengar kata Keyword Research?

Untuk orang yang sudah mempelajari bagaimana mengelola website atau menjadi blogger yang sukses pastinya minimal pernah mendengarnya.

Apa lagi yang ingin mendapatkan traffic gratis dari google.

Banyak orang yang kini telah paham tentang pengertian dan bahkan fungsi serta cara Keyword Research karena memang sangat bermanfaat.

Namun memang, riset untuk mencari kata kunci ini tidak bersinggungan langsung dengan masyarakat luas.

Hanya orang yang berkutat dengan dunia blog, website dan menjalani ilmu internet marketing saja yang biasanya mengerti dan memahami apa itu Research Keyword.

Apakah Anda termasuk orang yang belum memahaminya?

Jika benar, tidak perlu khawatir dan bingung karena di sini akan diberikan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Berbicara soal Research Keyword maka akan bersinggungan langsung dengan SEO.

Untuk Anda yang belum tahu, SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya untuk membuat sebuah website mampu mendapatkan nilai yang baik dimata mesin pencarian.

SEO akan membuat sebuah website bisa memiliki peringkat yang tinggi pada hasil pencarian sehingga akan menempati minimal halaman pertama pada mesin pencarian seperti misalnya Google.

SEO bukan lagi sebuah bahasan baru didunia online dan blogging.

Sejak era internet mulai berjalan, optimasi website agar bisa mendapatkan nilai yang baik dan ranking yang lebih baik di mesin pencarian seperti Google memang sangat menggeliat.

Untuk Anda yang belum sadar, pernahkah Anda tahu mengapa ada beberapa website yang muncul dihalaman pertama saat Anda mencari sesuatu menggunakan mesin pencarian?

Jika diteliti lebih lanjut, diberbagai halaman berikutnya seperti halaman kedua, ketiga, dan seterusnya juga terdapat  berbagai macam rujukan website yang memang berkaitan dengan kata pencarian Anda.

Saat Anda mengulangi pencarian suatu kata kunci yang sama maka umumnya hasil rujukan website yang Anda temui tidak berubah terutama dalam waktu dekat.

Hal itu terjadi karena adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh para pemilik website atau pengelola blog agar bisa membuat website miliknya menjadi tampil dihalaman depan.

Tujuannya sangat jelas agar bisa mendapatkan traffic yang tinggi karena umumnya pengguna mesin pencarian hanya akan melakukan kunjungan atau memilih website yang tampil dihalaman pertama.

Mengingat pentingnya mempelajari SEO demi memenangkan persaingan untuk mendapatkan traffic website yang tinggi, maka perlu sekali memahami Research Keyword.

Ya, riset untuk mencari kata kunci terbaik merupakan salah satu bagian dari teknik SEO yang memang berpengaruh sangat signifikan.

Itulah mengapa dalam artikel ini akan dijelaskan secara mendalam tentang Research Keyword agar upaya memenangkan persaingan agar bisa tampil dihalaman depan mesin pencarian bisa lebih pasti hasilnya.

Agar bisa lebih membuat Anda paham, ketahuilah terlebih dahulu apa itu keyword atau kata kunci.

Apa itu Keyword? Siapa yang Menentukan Keyword?

Keyword atau kata kunci dapat diartikan sebagai susunan kata yang digunakan para pengguna internet ketika menggunakan mesin pencarian.

Secara tidak sadar, banyak pengguna internet khususnya pengguna mesin pencarian yang terbiasa mengetikkan kata pencarian untuk menemukan suatu informasi dari internet.

Kata pencarian tersebut bisa bersifat susunan kata tertentu yang sangat baku, tidak beraturan, atau bahkan sangat panjang namun mengandung beberapa inti kata penting untuk menemukan suatu informasi.

Dari situlah mesin pencari atau robot search engine memiliki rekaman untuk mencocokan kata pencarian untuk suatu informasi yang terkait.

Dan dari situlah muncul kata kunci yang merupakan susunan kata yang memang umumnya digunakan para pengguna mesin pencarian secara global.

Keyword muncul karena adanya kata pencarian yang memang masif digunakan oleh banyak orang.

Sebagai contoh, ketika seseorang ingin mencari informasi “model baju batik modern” maka nantinya mesin pencarian akan memunculkan berbagai website yang memang memiliki informasi terkait hal tersebut.

Padahal, tidak semua orang akan mencari informasi tersebut dengan kata yang lugas dan jelas seperti yang dicontohkan tadi.

Misalnya ada orang yang mencari dengan kata pencarian

“seperti apa model baju batik modern” atau bahkan “tolong tampilkan model baju batik modern”.

Maka hasil pencarian yang akan muncul akan tetap berkaitan dengan informasi yang dicari.

Hal inilah pentingnya kata kunci atau keyword agar website atau blog

yang dibuat bisa dihadirkan kepada para pengguna mesin pencarian dan

bisa menjadi pilihan utama karena bisa mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian.

Berbicara soal keyword, terdapat berbagai macam jenis-jenis keyword.

Ada keyword yang memang sifatnya abadi dan ada pula keyword musiman.

Ada keyword yang berisi dua kata saja atau biasa disebut short keyword/body keyword dan ada pula yang panjang atau long tail keyword.

Selain itu, ada keyword yang lebih berisi tentang bahasan umum dan ada pula yang memang khusus atau spesifik untuk suatu topik tertentu.

Perlu diketahui, mesin pencari seperti Google tidak menentukan suatu keyword dengan nilai tertinggi.

Justru dari para pengguna mesin pencarian lah akan diketahui apa keyword yang paling populer digunakan sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk dipilih.

Bisa disimpulkan suatu suatu bahasan atau tema maka akan ada keyword yang sepi dan keyword yang paling sering digunakan.

Apa Pentingnya Melakukan Research Keyword?

Setelah memahami konsep dasar SEO dan mengenal apa itu keyword, pasti Anda akan bertanya tentang apa pentingnya Research Keyword.

Ya, keyword bisa dibilang memang muncul dari para pengguna mesin pencarian secara umum sehingga menghasilan berbagai macam susunan kata tertentu yang akan merujuk pada suatu topik yang memang dibutuhkan.

Namun perlu diingat, kata kunci jumlahnya sangat beragam.

Misalnya saja untuk sebuah kata kunci pendek dengan topik

“membuat blog” maka akan terdapat kata kunci seperti panduan membuat blog,

cara membuat blog, kiat membuat blog, membuat blog gratis,

membuat blog berbayar, membuat blog untuk pemula, dan sebagainya.

Manakah yang terbaik dan paling berguna untuk SEO?

Itulah pentingnya melakukan Research Keyword.

Ya, Research Keyword bisa diartikan sebagai upaya untuk mengetahui apa kata kunci terbaik yang paling membantu Anda mendapatkan peringkat halaman yang baik di mesin pencarian.

Fungsi Research Keyword untuk bisa mengerti apa kata kunci yang populer dan memang mendapatkan nilai yang tinggi serta berpengaruh secara signifikan untuk PageRank.

Sepert yang telah dijelaskan tadi, ada banyak sekali jenis keyword dan sudah diberikan pula contoh keyword membuat blog tadi.

Dari banyaknya keyword terkait bisa diketahui mana yang sedang mencari andalan masyarakat luas ketika sedang mencari informasi tentang membuat blog.

Hal ini pun juga berlaku untuk berbagai macam kata kunci yang lainnya.

Sehingga, dapat disimpulkan Research Keyword merupakan salah satu teknik SEO dengan mencari kata kunci terbaik yang mendulang peringkat website pada mesin pencarian.

Tujuannya agar bisa mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian,

mendapatkan kunjungan yang tinggi atau traffic web yang tinggi dan bisa mendapatkan hasil dari tingginya traffic web.

Melakukan riset kata kunci sangatlah penting jika Anda ingin lebih pasti berhasil dalam melakukan berbagai macam upaya SEO.

Meskipun bukan satu-satunya bagian dari upaya optimasi website pada mesin pencarian,

namun mencari keyword yang tepat akan sangat penting dan berpengaruh besar.

Apa Tujuan dari Research Keyword dan Apa Kaitannya dengan SEO?

Melakukan Research Keyword memiliki tujuan utama untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus di halaman mesin pencarian atau SEO.

Jadi sudah jelas, pencarian kata kunci atau keyword populer yang memang mendulang nilai yang tinggi untuk optimasi website sangat bisa membuat website Anda bersaing

untuk mendapatkan tempat di halaman pertama pada hasil pencarian atau bahkan bisa menempati posisi teratas.

Jika Anda tanya apakah SEO hanya soal pencarian kata kunci terbaik atau Research Keyword maka jawabannya adalah tidak benar.

Namun, Research Keyword sangat berhubungan erat dan bahkan menjadi upaya yang paling berpengaruh serta paling dasar untuk bisa mendapatkan peringat yang baik di google.

Jika menilik lebih dalam, Research Keyword memiliki beberapa tujuan spesifik.

Secara garis besar memang riset kata kunci agar bisa menemukan kata kunci terbaik dan populer agar bisa mendapatkan ranking yang yang tinggi dan nantinya bisa mendapatkan traffic web yang tinggi pula akibat menempati halaman pertama pada mesin pencari seperti google.

Dalam SEO sendiri, bukannya kita menciptakan trend tetapi hanya memanfaatkan kebutuhan yang sudah ada di search engine.

Pada dasarnya bukannya hanya melihat kata kunci saja, tetapi apa yang orang cari dan anda tinggal menyediakan apa yang orang cari.

Namun ada beberapa tujuan spesifik lainnya yang memang penting untuk diketahui ketika melakukan Research Keyword.

Apa sajakah tujuan yang dimaksud?

  • Membuat judul yang tepat

Hampir semua website yang menempati posisi teratas dalam hasil pencarian pada mesin pencari akan memiliki sebuah postingan artikel yang mengandung kata kunci yang tepat.

keyword atau kata kunci pada title

Ya, sebuah artikel yang memang mengandung kata kunci atau keyword yang di tuju secara logika akan lebih dipercaya oleh masyarakat dibandingkan dengan yang tidak mengandung kata kunci.

Selain itu, bagi mesin pencari tentu saja sangat berpengaruh besar.

Website Anda akan lebih memiliki nilai yang tinggi dan akan bisa lebih besar kemungkinannya untuk menempati posisi pada halaman pertama.

Meskipun ada beberapa artikel yang memiliki isi topik yang sama,

namun artikel dengan judul yang tepatlah yang paling sering menempati halaman pertama pada hasil pencarian.

Hal ini sayannya tidak disadari oleh para blogger atau para pengelola website.

Padahal, meskipun suatu artikel memiliki isi topik atau penjelasan yang memang berkaitan dengan suatu kata kunci, maka artikel dengan judul yang tepatlah yang lebih direkomendasikan oleh mesin pencarian.

Memang benar, membuat judul yang tepat saja tidak bisa langsung menempati posisi halaman pertama pada mesin pencari.

Namun paling tidak, Anda sudah berusaha dengan upaya yang paling mendasar dan paling umum dilakukan.

Research Keyword akan membuat Anda menemukan kata kunci yang tepat dan bisa disisipkan pada judul.

Apapun tema atau topik yang akan Anda buat dan unggah pada website Anda,

maka sebaiknya memang menggunakan judul yang memiliki kandungan keyword yang telah Anda riset sebelumnya.

Penggunaan keyword yang telah ditemukan tadi juga harus disisipkan dengan tepat.

Keyword yang memang merupakan susunan beberapa kata pencarian tidak boleh diubah atau disisipi oleh kata lainnya.

Penulisannya pun harus sesuai dengan hasil Research Keyword yang telah dilakukan.

Sebagai contoh Anda telah menemuakn keyword yang populer yaitu “cara membuat blog”.

Maka Anda bisa harus menulis “5 Cara Simple dan Mudah Membuat Blog”.

Jangan sampai Anda menulis judul dengan mengubah keyword walaupun hanya sedikit karena hal tersebut sangat fatal dan tidak akan berguna banyak.

Walaupun hanya mengubah sedikit saja dari kata kunci, namun hasilnya akan sangat berbeda jauh untuk optimasi website Anda.

  • Membuat artikel yang tepat

Selain judul, tentu saja isi artikel perlu diberikan keyword yang telah dicari sebelumnya.

Kata kunci atau keyword pada artikel

Itulah mengapa Research Keyword sangat penting karena sepanjang dan sejelas apapun isi artikel Anda pada sebuah bahasan atau topik tetap perlu disisipkan keyword untuk mendulang nilai yang baik pada mesin pencari google.

Anda bisa gunakan bahasa yang santai atau bisa juga formal untuk mengulas atau menjelaskan suatu topik.

Namun agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi di mata mesin pencari, maka artikel Anda harus memuat keyword atau kunci.

Penggunaan keyword pada isi artikel juga sama seperti menyisipkan keyword pada judul artikel.

Seperti yang telah dijelaskan tadi, Anda tidak boleh mengubah suatu keyword baik yang berisi dua susunan kata atau lebih dari dua.

Setelah melakukan Research Keyword dan menemukan keyword yang sekiranya bisa membantu Anda melakukan optimasi website, maka gunakan keyword tersebut tanpa sedikit pun mengubahnya.

Agar hasilnya maksimal, tuliskan keyword secara apa adanya tanpa diubah walaupun sedikit pada bagian awal, tengah atau akhir.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang berkaitan dengan penggunaan kata kunci yang tepat setelah melakukan Research Keyword.

Misalnya saja Anda harus memperhatikan berapa jumlah kata kunci yang tepat agar tidak terlalu banyak dan terlalu sedikit. Untuk hal yang satu ini, Anda harus mencari tahu tentang penggunaan keyword untuk SEO terkini.

Dan juga, keyword juga harus disisipkan pada kalimat yang jelas atau tidak memaksa.

Keyword harus ditempatkan secara natural agar mesin pencari bisa memberikan nilai yang tinggi.

Seperti pembuatan judul yang tepat, keyword terbaik untuk isi artikel yang ditemukan setelah melakukan Research Keyword juga berfungsi sebagai optimasi website.

Judul saja yang tepat tentu saja tidak akan menghasilkan nilai yang tinggi.

Percuma saja judul menggunakan keyword yang tepat namun isi artikelnya tidak jelas dan tidak menggunakan keyword dengan baik.

Namun jika keduanya bisa dilakukan, maka angka nilai Ranking Brain yang tinggi bisa lebih Anda dapatkan untuk menempati posisi awal pada hasil pencarian.

  • Tujuan lain melakukan Research Keyword

Mencari keyword terpopuler yang bisa membantu membuat website Anda teroptimasi dengan baik tentunya bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hal.

Salah satu tujuan yang paling umum melakukan Research Keyword tentu saja agar bisa mendapatkan untung dari tingginya traffic web.

Ya, jika suatu blog memiliki angka kunjungan yang tinggi dan memang terbilang populer, maka web tersebut bisa diharapkan mendapatkan uang misalnya dari iklan yang bermunculan.

Selain itu, banyak orang yang juga melakukan Research Keyword sebagai salah satu langkah dan kegiatan dari internet marketing.

Ya, Research Keyword dan SEO merupakan dua bahasan yang saling berkaitan erat dengan tujuan internet marketing untuk penjualan sebuah produk baik jasa maupun barang.

Semakin baik upaya optimasi website maka semakin tinggi nilai PageRank dan peringkat pada mesin pencarian.

Dan semakin tinggi traffic web akibat muncul di halaman awal mesin pencarian,

maka akan tinggi pula kemungkinan sebuah produk dikenal dan dibeli oleh pengguna mesin pencarian.

Contohnya ketika Anda sedang mencari rental mobil terbaik di Jakarta,

maka tentunya Anda hanya akan mempertimbangkan beberapa penyedia rental yang memang direkomendasi di halaman pertama pada mesin pencarian.

Hal ini sudah sangat jarang dan wajar terjadi.

Sangat jarang adanya orang yang sampai mencari adanya website rental mobil di Jakarta hingga berbagai halaman pencarian dibelakangnya karena pada halaman pertama saja sudah banyak pilihannya.

Kata kunci sendiri di bagi 3 bagian,

Keywords di bagi lagi menjadi 3 bagian,

Yaitu head tail keyword dan long tail keyword

Apa sih perbedaan head tail keyword dan long tail keyword

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan dalam kata kunci Head Tail dan Long Tail untuk strategi mengoptimasi website pada mesin pencari.

Semua mesin pencari memiliki algoritme yang rumit untuk memberi peringkat situs web pada hasil pencarian.

Selain itu, traffic situs web sangat bergantung pada kata kunci yang ditambahkan di situs web.

Head term Keywords/head tail keyword

kata kunci yang merupakan istilah yang paling sering dicari oleh pengguna di mesin pencari. Istilah head tail keyword cenderung lebih pendek dan kurang spesifik long tail keyword.

Misalnya kata kunci “makanan anjing”,bisa menjadi istilah head tail keyword.

Contoh head tail Keyword lainnya:

Madu

Diet

Kencing manis

Ini adalah istilah umum dan non-spesifik yang tetap dapat mendorong volume lalu lintas yang cukup tinggi dari orang-orang yang mungkin atau mungkin tidak tertarik pada apa yang mungkin ditawarkan pada situs web anda.

Kata kunci ini adalah istilah umum dan tidak spesifik.

Biasanya Ini ditargetkan pada segmentasi pasar yang luas dan dengan demikian memiliki permintaan yang jauh lebih besar.

Secara alami semua Kata Kunci Pencarian Tinggi & juga sangat kompetitif.

Jadi umumnya peringkat kata kunci jenis ini di SERP akan memakan waktu jauh lebih lama.

Body Keywords

Body keyword ini adalah frase 2-3 kata yang mendapatkan volume pencarian yang lumayan banyak (kurang lebih 2.000 pencarian per bulan), tetapi lebih spesifik daripada head keyword.

Contoh kata kunci body keywords adalah “asuransi jiwa” atau “beli madu online”.

Ini hampir selalu memiliki persaingan yang lebih rendah daripada head keywords, tetapi kata kunci ini masih memiliki persaingan yang cukup tinggi.

Long tail keywords

Long tail keywords adalah frase kata kunci yang mengandung setidaknya empat kata (meskipun beberapa mengatakan dua atau lebih dianggap ekor panjang).

Long tail keywords digunakan untuk menargetkan demografi niche daripada secara massal.

Dengan kata lain, mereka lebih spesifik dan sering kurang kompetitif daripada istilah kata kunci umum

Mencari kata kunci yang memiliki volume yang tinggi tetapi sedikit pesaing.

Contohnya Long Tail Keywords

Jual Madu Hutan Asli

Bagaimana Cara Diet Yang Tidak Menyiksa

Bagaiamana Cara Menyembuhkan Kencing Manis

Tidak ada yang salah dengan kedua kata kunci tersebut,

karena dengan mendapatkan informasi dari data-data keyword tersebut,

tergantung dengan tujuan dan goal seo pada website yang ingin di optimasi.

Kata kunci apa yang ingin anda targetkan, apakah untuk jualan produk atau untuk memberikan informasi untuk pengunjung anda.

Riset kata kunci tidak hanya tentang memverifikasi berapa banyak penelusuran yang dimiliki kata kunci tertentu –

ini juga tentang menjelajahi berbagai cara orang menggunakan bahasa untuk meneliti ide atau topik.

Berbicara soal mendapatkan keuntungan dari tingginya traffic web,

maka perlu sekali menggunakan kata kunci yang tepat atau keyword yang baik untuk SEO.

Tujuan yang satu ini jarang disadari dan bahkan oleh para pakar sekalipun.

Ya, bisa saja sebuah website yang memang digunakan untuk berjualan tidak akan mendapatkan tingkat konversi yang tinggi dari banyaknya orang yang berkunjung untuk menjadi pembeli atau konsumen.

Agar bisa mendapatkan keduanya,

maka perlu sekali membidik keyword yang tepat agar orang yang

datang pada website Anda benar-benar orang yang memang membutuhkan apa yang Anda tawarkan termasuk produk yang dijual.

Ragam Cara Research Keyword

Setelah mengerti apa pentingnya Research Keyword, pastinya Anda akan bertanya-tanya bagaimana cara melakukannya.

Untuk Anda yang belum tahu, tidak perlu khawatir karena cara Research Keyword terbilang sederhana.

Setidaknya, untuk orang awam yang baru saja belajar tentang teknik SEO dan khususnya Research Keyword maka tetap bisa melakukannya.

Agar Anda bisa lebih paham, simaklah ragam cara Research Keyword berikut ini:

  • Secara GRATIS

Pilihan cara Research Keyword yang pertama adalah cara GRATIS.

Sesuai namanya, Anda bisa melakukan riset secara GRATIS dengan bantuan software yang gratis

Saat ini cukup banyak alat untuk riset kata kunci atau biasa disebut tool Research Keyword yang bisa Anda dapatkan baik yang berbayar maupun yang gratisan.

Dari berbagai website bisa Anda dapatkan alat untuk riset yang satu ini dan pemasangannya pun sama seperti memasang software biasa.

  • Dengan Berbayar

Pilihan cara Research Keyword yang kedua dengan menggunakan cara berbayar.

Dengan menggunakan software yang berbayar, tentu saja kita lebih memudahkan lagi dalam melakukan research kata kunci.

Anda pun bisa menggunakan jasa keyword research untuk menari kata kunci yang anda inginkan.

Jadi anda tidak perlu lagi pusing dan ribet memikirkan kata kunci apa yang tepat.

Jasa yang tentunya akan menggantikan Anda dalam pencarian kata kunci terbaik untuk suatu tema yang Anda inginkan ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin praktis dan hanya ingin fokus pada upaya SEO lainnya.

Jasa Research Keyword bisa ditemui dengan sangat mudah diinternet dan pada halaman pencarian awal memang akan bermunculan para pakar riset kata kunci yang bisa Anda gunakan.

Terdapat keunggulan dan kelemahan dari penggunaan jasa Research Keyword.

Keunggulannya jelas Anda tidak akan repot untuk mendapatkan kata kunci terbaik.

Dan yang paling menarik, penggunaan jasa riset kata kunci ini akan membuat Anda mendapatkan kata kunci yang terbaik dan analisa yang memang sangat mendalam terutama untuk bersaing dengan para kompetitor.

Mereka yang umumnya para pakar dalam teknik SEO dan khususnya pada Research Keyword ini bisa juga menjadi mentor Anda ketika Anda menemui kesulitan.

Namun memang, Anda harus merelakan untuk membayarkan uang jasa untuk suatu hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri asalkan mau untuk belajar dan mendalaminya dengan baik.

Tetapi jangan khawatir nanti saya akan bahas satu persatu di sini.

Berbagai situs bisa digunakan untuk Anda yang ingin melakukan Research Keyword.

Salah satu yang paling sering digunakan adalah alat riset kata kunci dari Google yaitu Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner biasa menjadi sahabat bagi orang yang ingin melakukan Research Keyword untuk optimasi website.

Alat bantu pencarian kata kunci milik Google ini dapat  digunakan secara gratis karena hanya perlu melakukan sign in dengan akun Google.

Menariknya, situs riset yang satu ini memiliki informasi tentang keyword yang terbaik dan terpopuler yang sangat mudah dilakukan oleh siapapun termasuk oleh orang awam sekalipun.

Banyak pihak yang memang merekomedasikan Google Keyword Planner karena berfungsi dengan baik, dapat digunakan dengan mudah, dan memang gratis.

Meskipun demikian, bisa juga Anda gunakan situs riset kata kunci lainnya yang memang Anda inginkan.

Research Keyword menggunakan Google Keyword Planner

Untuk Anda yang penasaran dengan Research Keyword dengan menggunakan Google Keyword Planner, di sini akan diberikan ulasan singkatnya.

yang telah dijelaskan tadi, riset kata kunci memang bisa dilakukan dengan 3 cara dan salah satunya adalah melakukan riset sendiri dengan menggunakan situs dari Google bernama Google Keyword Planner.

Untuk cara penggunaannya, Anda bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, masuk ke situs Google Keyword Planner.

Anda harus memiliki akun google terlebih dahulu untuk melakukan sign-in ke dalam situs riset kata kunci ini.

Jika Anda belum memiliki akun google atau gmail, maka buatlah terlebih dahulu.

Kedua, setelah masuk ke dalam situs Google Keyword Planner maka Anda akan mendapatkan beberapa menu tampilan yang harus diisi.

Pada bagian Keyword Tool akan muncul Menu Find Keyword.

Anda bisa memulai dengan fokus pada bagian Word or Phrase untuk mengisikan tema atau biasa disebut niche yang Anda inginkan. Pada isian tersebut, isikan apa tema yang Anda cari kata kunci terbaiknya.

Ketiga, pilih bagian Advance option & Filter.

Di sini Anda akan melakukan riset secara lebih spesifik terutama untuk pilihan lokasi dan juga bahasa.

Jika Anda ingin mencari sebuah kata kunci berbahasa Indonesia, maka pilih bahasa Indonesia pada pilihan Language dan pilih juga Indonesia pada pilihan Location.

Nantinya, hasil kata kunci yang Anda dapatkan akan lebih berguna karena lebih spesifik.

Keempat, Anda bisa masuk pada bagian filter jika ingin mengerti kata kunci terbaik yang paling up to date terutama untuk satu bulan terakhir.

Anda bisa melakukan pengaturan dan memilih Global Monthly Searches lalu isikan jumlah pencarian yang Anda inginkan.

Setelah itu, Anda bisa melihat berbagai macam keyword yang sesuai dengan tema yang telah Anda masukkan tadi.

Berbagai keyword yang muncul akan diikuti dengan keterangan statisik angka yang tentunya bisa dilihat seberapa besar kata kunci tersebut digunakan.

Sehingga, Anda bisa memilih kata kunci terbaik yang bisa digunakan untuk blog atau website Anda.

Research Keyword Gratis Menggunakan Google Suggest

Melakukan Research Keyword memang banyak caranya dan salah satu yang termudah adalah menggunakan Google Suggest.

Sesuai namanya, Google Suggest merupakan fitur saran dari Google yang otomatis akan muncul ketika para pengguna atau pencari menggunakan mesin pencari Google.

Pastinya setiap orang yang pernah berselancar dengan menggunakan mesin pencari Google akan mendapatkan fitur ini dan bisa jadi sering juga menggunakannya walaupun tidak sadar.

Google Suggest merupakan saran yang muncul ketika pengguna mengetikkan kata pencarian pada kolom pencarian.

Apapun kata yang diketikkan untuk dicari, tidak sampai satu detik akan langsung muncul beberapa saran kata kunci pencarian yang paling terkait.

Google Suggest ini bisa digunakan juga untuk Research Keyword.

Misalnya saja ketika Anda ingin mencari tahu keyword tentang batik yang sering dicari oleh para pengguna mesin pencari Google, maka cukup ketikkan kata batik pada kotak pencarian Google.

Setelah mengetikkan kata “batik”, maka jangan tekan enter terlebih dahulu dan lihatlah beberapa pilihan yang muncul sebagai saran dari Google untuk Anda pilih.

Nantinya akan muncul beberapa keyword sebagai saran dari kata “batik” yang Anda ketikkan misalnya menjadi batik pekalongan, batik solo, batik modern dan sebagainya.

Begitu pula ketika Anda tambahkan kata pencarian misalnya menjadi “batik modern”maka nantinya bisa muncul beberapa saran kata kunci seperti misalnya batik modern 2018, batik modern anak muda, batik modern wanita, batik modern pria, dan sebagainya.

Penggunaan fitur saran otomatis yang disebut Google Suggest ini sangatlah bisa membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat dan populer dengan sangat mudah.

Anda hanya memerlukan dua hal yaitu perangkat yang tersambung koneksi internet dan juga topik yang ingin Anda cari.

Cukup masuk ke peramban atau browser apapun dan masuklah pada kotak pencarian Google, lalu Anda temukan keyword apapun yang Anda butuhkan untuk kebutuhan optimasi website.

Anda hanya tinggal kumpulkan berapapun keyword yang Anda butuhkan terkait tema yang memang akan diambil atau ditulis pada blog Anda.

Kelebihan dari Research Keyword yang satu ini adalah soal kemudahan dan tentunya gratis.

Siapapun bisa dengan mudah menemukan puluhan dan bahkan bisa jadi ratusan keyword untuk satu tema yang memang diinginkan.

Namun memang, dengan cara ini tidak bisa diketahui secara rinci apa saja keyword yang sedang memuncaki daftar top keyword seperti cara Research Keyword menggunakan alat riset khusus.

Meresearch Keyword Melalui Related Search Untuk Mendapatkan Ide Lebih Banyak

Untuk mendapatkan ide keyword lebih banyak lagi anda bisa melihatnya di bawah google search result dan lihat “related search”

Apa itu related search? 

Google menampilkan penelusuran yang terkait dengan hasil pencarian Anda yang membantu Anda memperluas atau memperbaiki hasil pencarian Anda.

Related search ini dapat membantu untuk lebih memahami bagaimana pengguna mencari topik tertentu dengan cara yang pandang yang berbeda.

Sekarang, Anda bisa mencari kata kunci dari menggunakan fitur Google related search selain Google Suggest.

Atur keyword-keyword tersebut ke dalam topik dan gunakan dengan bijak dalam konten Anda.

Research Keyword Menggunakan Ubersuggest

Jika Anda ingin melakukan Research Keyword yang praktis dan dapat mendapatkan informasi yang lengkap, bisa kunjungi Ubersuggest.

Situs yang satu ini bisa Anda kunjungi menggunakan berbagai macam peramban dan berbagai macam perangkat serta gawai.

Cukup klik alamat situsnya, nantinya Anda akan langsung mendapatkan sebuah alat Research Keyword berbasis online yang praktis dan lengkap.

Ubersuggest sangatlah praktis digunakan namun hasilnya sangat memuaskan.

Bagaimana tidak, Anda bisa mendapatkan berbagai macam keyword dengan hanya mengetikkan satu atau dua kata pencarian yang menjadi tema atau topik yang Anda cari.

Untuk lebih jelas bagaimana cara menggunakannya, ikuti langkah berikut ini:

Pertama, Anda siapkan perangkat dan internet lalu buka peramban untuk mengunjungi Ubersuggest

Kedua, setelah masuk ke dalam situs maka Anda akan dapatkan tampilan alat Research Keyword yang sangat sederhana dan sangat mudah dipahami.

Pada bagian depan, terdapat jelas ada beberapa menu platform yang tersedia seperti Google, youtube, Shopping, Gambar, hingga Berita

Anda bebas memilih yang mana sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saja memilih riset kata kunci untuk Google.

Ketiga, dihadapan Anda terdapat sebuah kotak pencarian yang bisa diketikkan kata apapun sesuai tema Anda.

Misalnya untuk Anda yang memiliki bisnis menjual baju batik, maka cukup ketikkan “jual batik”.

Setelah itu, atur pada bagian bahasa dan klik simbol cari atau tekan enter.

Terakhir, Anda bisa juga memasukan negatif keywords, jadi kata kunci yang tidak anda inginkan tidak akan di tampilkan di dalam hasil pencarian dari ubersugges

Penggunaan situs Research Keyword ini sangatlah disarankan untuk Anda yang termasuk pemula.

Bahkan, langkah yang telah dicontohkan tadi masih bisa dikembangkan untuk menemukan berbagai macam keyword lainnya.

Misalnya saja jika Anda telah mencari keyword untuk topik “jual batik” maka Anda bisa lebih spesifik lagi dengan mencari menggunakan kata pencarian “jual batik modern”.

Jika hal ini dilakukan, maka hasilnya akan langsung ditemukan berbagai macam keyword yang lebih spesifik dan bisa Anda gunakan langsung untuk keperluan optimasi website pada mesin pencari atau SEO.

Melakukan Cek Keyword Dengan Google Trends

Untuk Anda yang ingin melihat tren terkini terkait keyword yang Anda gunakan, maka bisa manfaatkan Google Trends.

Ya, Google Trends bisa dimanfaatkan oleh siapapun secara cuma-cuma untuk mengetahui apa saja tren terkini dari topik atau kata kunci yang sedang populer.

Google trends juga bisa untuk membaca seperti apa kepopuleran suatu kata kunci dalam jangka waktu tertentu apakah cukup stabil, menurun, atau justru melejit.

Menggunakan Google Trends juga sangat mudah.

Pertama, Anda cukup masuk ke Google.com/trends lalu ketikkan sebuah kata kunci yang ingin Anda lakukan pengecekkan.

Nantinya, Google Trends akan menampilkan sebuah grafik tren dari sebuah kata kunci yang Anda masukkan dan bisa diatur berdasarkan beberapa tahun terakhir seperti misalnya 5 tahun terakhir atau bisa juga hanya diatur untuk sepanjang tahun tertentu.

Grafik yang ditampilkan cukup sederhana dan menampilan informasi yang singkat namun semuanya penting untuk diketahui.

Dari sana Anda bisa mengetahui apakah suatu keyword sedang populer, pernah populer, atau cenderung stabil dan sering digunakan oleh masyarakat luas dalam kurun waktu tertentu.

Keuntungan untuk Anda yang menggunakan Google Trends dalam rangka Research Keyword adalah mengetahui apa saja keyword yang sedang populer dan keyword yang sudah tidak populer atau sepi pengguna.

Dengan fitur yang dibagikan secara gratis oleh Google ini, maka Anda lebih tepat dalam memilih keyword yang akan menjadi target dari upaya SEO Anda.

Selain itu, Google Trends juga bisa menjadi salah satu upaya untuk melihat keyword yang pernah digunakan pada waktu tertentu apakah masih populer dan efektif atau ternyata sudah ditinggalkan.

Bisa jadi Anda yang membidik suatu keyword tertentu untuk upaya SEO ternyata sudah tidak tepat lagi untuk digunakan karena sudah ditinggalkan.

Anda Bisa Memanfaatkan Plugin Search Term Tagging Untuk Mengintip Keywords Kompetitor Anda

Kadang-kadang para pemilik web menginstall plugin search term tagging

Anda bisa memanfaatkan hal ini, Anda bisa mengintip keyword-keywords yang masuk pada website kompetitor anda.

Bagaimana caranya?

Dengan mengetikan kata kunci di bawah ini:

keywords + recent search terms
keywords + incoming search terms

Maka anda akan melihat di website yang di pasang plugin search term

Kelemahannya menggunakan teknik ini, tidak semua website meninstall plugin search term tagging.

Hidden Keywords Dari Google

Saya mendapatkan ini metode ini dari forum ads id

Saya akan membahas sedikit di sini, metode keyword research ini adalah hal yang baru di tahun 2018

Untuk memunculkan hidden keyword dari google tersebut silakan lakukan seperti ini :

  1. Ketik di google keyword apapun.
  2. Masuk ke salah satu web di hasil pencarian (web no 1-10) untuk halaman 2 dst tidak akan muncul.
  3. Setelah berada disalah satu web, klik tombol “back” pada browser.
  4. Selanjutnya akan muncul kotak di bawah web yang Anda klik sebelumnya.

Misal disini saya pilih keyword : Baju Batik, hasil nya akan seperti ini setelah di klik tombol back.

Dengan demikian anda bisa mendapatkan ide-ide untuk keywords anda.

Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung membacanya di forum ini https://ads-id.com/forums/index.php?threads/share-hidden-keyword-dari-google-satu-lagi-yang-baru-dari-google-search-update-tools-scraping.302946/

Setelah kita membahas bagaimana meresearch keyword dengan cara gratisan,

Sekarang saya akan membahas bagaimana dengan cara berbayar.

Tentu saja dengan cara berbayar ini dapat memudahkan anda untuk meresearch keyword

Melakukan Keyword Research Dengan Cara Berbayar 

Dengan menggunakan layanan yang berbayar anda bisa menggunakan Ahref ataupun SemRush.

Saya lebih banyak menggunakan Ahref di bandingakan dengan Semrush.

Dengan menggunakan cara ini, anda bisa langsung mengintip keyword-keyword kompetitor anda.

Anda bisa membuat list website kompetitor anda yang muncul di halaman pertama pada google.

Misalkan anda menjual baju batik, anda tinggal mengetikan kata kunci jual baju batik di google

Setelah mucul search resultnya

Anda tinggal ambil nama domain tersebut dan di taruh di kolom search Ahref

Di samping kiri, tekan organic keywords. Maka akan mucul list keywords website kompetitor anda

Dengan menggunakan ahref akan lebih memudahkan anda untuk mencari ide-ide keyword.

Jika tulisan ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa di bagikan ya ke teman-teman anda, jangan lupa sertakan link website saya.

Apakah anda ada ide keyword research yang lain lagi? Yuk berikan komentar di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Comment





shares